All for Joomla All for Webmasters

SEMESTER GENAP 2017 / 2018

PRODI TEKNIK SIPIL FTUP

 

Praktikum Ilmu Ukur Tanah yang dilakukan Mahasiswa Prodi Teknik Sipil FTUP Angkatan 2017 pada Semester Genap 2017/2018. Ilmu Ukur Tanah merupakan salah satu matakuliah pada semester II di Prodi Teknik Sipil FTUP, secara sederhana matakuliah ini mempelajari tentang pengertian pemetaan dan bagian cara memetakan.

TUJUAN PRAKTIKUM ILMU UKUR TANAH

Adapun maksud dari Ilmu Ukur Tanah yaitu untuk mendapatkan bayangan dari keadaan lapangan dengan menentukan tempat (unsur, jarak dan sudut) diatas permukaan bumi terhadap satu sama lain. Adapun tujuan praktikumnya adalah sebagai berikut :

Untuk memperingati Hari Air Dunia XXVI tahun 2018 maka Kementrian Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Sumber Daya Air balai Besar Wilayah sungai ciliwung cisadane yang berlokasi Balai besar wilayah sungai Ciliwung Cisadane melakukan kegiatan "Penanaman pohon, Pemanenan air hujan dan Lomba menggambar, dengan mengajak beberapa perguruan tinggi di jakarta dengan mengajak beberapa perguruan Tinggi di Jakarta yaitu Universitas Pancasila, Universitas Indonesia, Universitas Gunadarma, Universitas Bina Nusantara, dan Universitas Trisakti, untuk berpartisipasi dalam acara Penanaman Pohon dengan Tema “Lestarikan Alam Untuk Air” pada tanggal 22 Maret 2018.

Dalam rangka menyamakan Persepsi para Tim Dosen Penguji Sidang Tugas Akhir Semester Gasal 2017/2018, maka Prodi Teknik Sipil mengadakan Rapat sebelum pelaksanaan sidang dimulai. Rapat Dipimpin oleh Bpk. Ir. Akhmad Dofir, MT.IPM selaku Ketua Prodi Teknik Sipil FTUP pada hari Selasa, 13 Februari 2018 pada pukul 08.30 WIB bertempat di Ruang Rapat Teknik Sipil Lt. III

STUDI EKSKURSI MAHASISWA PRODI TEKNIK SIPIL FTUP

KE PT. TEKNINDO GEOSISTEM UNGGUL DAN

PT. JASA MARGA (TOL BALI MANDARA)

Program studi ekskursi atau yang biasa kita kenal dengan studi banding, merupakan acara pembelajaran dengan menggali informasi dari suatu tempat yang lebih maju.

Hal tersebut dilakukan dengan maksud dapat membawa hasil positif dan konkret, serta dapat diterapkan di tempat yang belum maju, tentunya setelah dilakukan proses pematangan rencana. Seperti halnya yang dilakukan oleh mahasiswa Teknik Sipil Universitas Pancasila.

Acara yang memakan waktu selama empat hari, dimanfaatkan untuk berkunjung ke beberapa tempat diantaranya, ke PT. Teknindo Geosistem Unggul dan Pt. Jasa Marga (Tol Bali Mandara).

“Kegiatan, study banding untuk melengkapi mutu pembelajaran ekstra, intra, dan co-kurikuler. Mahasiswa tidak cukup hanya dengan membaca buku yang diajari dikelas.

“Selain itu, studi banding menjadi salah satu sarana, untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa akan pengetahuan dunia luar.”

Banyak dampak dari acara studi banding, selain dapat menambah cakrawala berfikir masing-masing mahasiswa, studi banding sebagai penunjang penilaian akreditasi fakultas.

Back to top